13/12/2019 7:55 am
4 Hewan Ini Bisa Memangsa dan Bertahan Hidup dalam Kondisi Buta

4 Hewan Ini Bisa Memangsa dan Bertahan Hidup dalam Kondisi Buta

4 Hewan Ini Bisa Memangsa dan Bertahan Hidup dalam Kondisi Buta

4 Hewan Ini Bisa Memangsa dan Bertahan Hidup dalam Kondisi Buta

Meski memiliki keterbatasan, sejumlah hewan ini terbukti bisa bertahan hidup. Kekurangan yang mereka miliki tidak biasa, yaitu menyangkut organ vital yang dimiliki oleh makhluk hidup.

Beberapa hewan ini memiliki keterbatasan dalam penglihatan. Tentu sulit dibayangkan bagaimana cara makhluk hidup (dalam hal ini hewan) bisa bertahan hidup tanpa bisa melihat.

Namun faktanya, sejumlah hewan ini masih bisa memangsa korban untuk dijadikan makanan mereka.

Lewat insting dan sensor yang dimiliki dalam tubuh hewan ini mampu bertahan. Berikut 4 hewan buta yang bisa bertahan hidup:

1. Lobster Laut Buta

Ilustrasi lobster (iStock)

Di kedalaman laut yang tidak dapat dijangkau oleh cahaya Matahari ternyata juga memiliki kehidupan. Ia adalah spesies lobster laut buta.

Penemuan lobster jenis ini pertama kali dilihat di laut Filipina pada kedalaman 300 meter. Tak hanya buta, tetapi hewan ini juga memiliki capit serta cakar yang sangat keras.

Meski tidak memiliki kemampuan penglihatan, lobster jenis ini mampu menangkap mangsa dengan capitnya yang sangat keras. Lewat sejumlah sensor di tubuh ia bisa menangkap mangsa.

2. Laba-Laba Buta

Sempat Turun Hujan Laba-laba Di Brazil, Begini Kata Pakar

Laba-laba adalah salah satu jenis hewan yang menakutkan. Bukan hanya bentuknya, melainkan racun yang ia miliki.

Dari sekian banyak laba-laba beracun, ada satu jenis yang sangat menakutkan yaitu Martialis heureka atau laba-laba buta.

Seorang peneliti dari Jerman bernama Peter Jager menemukan menemukan laba-laba jenis tersebut di gua sungai Xe Bang Fai yang sangat besar. Laba-laba biasanya memiliki penglihatan yang luar biasa.

Namun beda dengan yang satu ini. Laba-labanya buta namun sangat agresif dalam memangsa.

3. Kalajengking Buta

Ilustrasi kalajengking (iStock)

Typhlochactus sylvestris atau yang dikenal dengan nama kalajengking buta menjadi hewan langka yang pertama kali ditemukan di Meksiko.

Meksi memiliki keterbatasan dalam penglihatan, hewan ini mempunyai sensor yang sangat kuat dalam menangkap mangsanya.

Karena ia buta, kalajengking ini banyak hidup dalam kegelapan dan jarang menampakkan diri ketika cahaya siang datang.

Saat kekurangan penglihatan ia alami, kepekaan terhadap linglungan sangat meningkat. Lewat sensor dan suhu tubuh mangsa ia bisa mendeteksi semuanya.

4. Blind Salamander

Ilustrasi salamander (iStock)

Salamander adalah jenis hewan amphibi yang dicirikan dengan penampilan mirip kadal. Tubuhnya ramping, hidung pendek, dan ekor yang panjang.

Sebagian besar salamander memiliki empat jari pada kaki depan mereka dan lima jari pada kaki belakang mereka. Kulit mereka yang lembap menjadikan mereka lebih suka tinggal di habitat di atau dekat air, atau dalam tempat yang terlindungi.

Sama seperti hewan-hewan sebelumnya, Texas Blind Salamander adalah jenis amphibi yang memiliki kemampuan yang sama.

Salamander buta dapat mengetahui kapan seekor udang, siput, atau serangga menghampirinya. Ia tidak hidup dalam gelap, tetapi secara natural ia lahir tanpa memiliki mata.