17/10/2019 8:05 pm
4 Titik Akupresur untuk Bantu Turunkan Berat Badan

4 Titik Akupresur untuk Bantu Turunkan Berat Badan

4 Titik Akupresur untuk Bantu Turunkan Berat Badan

4 Titik Akupresur untuk Bantu Turunkan Berat Badan

7meterAkupresur merupakan metode pengobatan dan penyembuhan kuno ala Tiongkok. Metode ini berfokus untuk memberikan tekanan pada beberapa titik tubuh yang dipercaya dapat mengatasi penyakit. Beberapa titik akupresur bahkan dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Pada dasarnya, manfaat menurunkan berat badan dengan metode akupresur dilakukan dengan meningkatkan metabolisme tubuh dan menekan nafsu makan.

Stres dipercaya sebagai salah satu penyebab tingginya nafsu makan. Mengutip situs kebugaran Truweight, akupresur berdampak positif terhadap pelepasan stres. Mengurangi tingkat stres melalui akupresur secara tidak langsung dapat membantu menekan nafsu makan.

Cara ini juga dikenal mudah dan sederhana. Anda tak membutuhkan bantuan apa pun untuk melakukan akupresur. Teknik ini dapat Anda praktikkan sendiri untuk mempercepat upaya penurunan berat badan.

Berikut beberapa titik akupresur untuk menurunkan berat badan, mengutip Times of India.

1. Ruang antara bibir dan hidung
Berikan tekanan lembut tepat di tengah bagian filtrum. Nama terakhir merupakan lekukan vertikal yang berada di antara bibir dan hidung. Titik tekanan ini dikenal dengan istilah ‘shuigou‘.

Anda bisa melakukan gerakan pijat memutar selama 2-3 menit pada titik ini. Hal ini dilakukan untuk merangsang metabolisme tubuh.

2. Siku bagian dalam
Tekuk lengan Anda untuk menemukan siku bagian dalam. Titik ini terletak tepat pada satu inci di bawah lipatan siku.

Tekan titik ini setiap hari selama 2-3 menit dengan ibu jari. Penekanan berfungsi untuk merangsang fungsi usus.

3. Bawah daun telinga
Titik ini terletak tepat di bawah daun telinga. Penekanan pada titik ini membantu Anda mengendalikan nafsu makan.

Untuk menemukannya, letakkan jari di bagian belakang telinga bawah Anda. Temukan jaringan serupa segitiga pada bagian tersebut dan beri tekanan dengan menggunakan jari telunjuk selama 1-2 menit setiap hari.

4. Ibu jari
Berikan tekanan pada bagian belakang ibu jari. Penekanan dapat merangsang kelenjar tiroid dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Berikan penekanan selama sekitar 2 menit setiap hari.

Teknik penekanan pada titik akupresur ini bukan satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Akupresur akan berhasil jika diimbangi dengan pola diet sehat dan aktivitas fisik yang cukup.