5 Bunker paling Aman dari Ancaman Gempa hingga kiamat

5 Bunker Ini Diklaim Aman dari Ancaman Gempa Hingga Kiamat

5 Bunker Paling Aman dari Ancaman Gempa Hingga Kiamat

5 Paling Aman dari Ancaman Gempa Hingga Kiamat

Bertahan hidup adalah naluri manusia, baik dari bencana alam maupun yang disebabkan oleh tindakan manusia.

Itulah mengapa orang-orang kaya berpikir memiliki bunker pribadi, untuk melindungi diri sendiri dan keluarga dari mara bahaya yang mengancam kehidupan. Di antara insiden yang dimaksud adalah gempa, letusan gunung berapi, bahkan konon sejumlah bunker bisa menyelamatkan dari ‘kiamat’.

Tidak jelas makna ‘kiamat’ yang dimaksud. Namun pastinya, jika orang masih dapat selamat; insiden yang dimaksud merujuk pada ‘kiamat’ kecil seperti bencana-bencana yang sering terjadi.

Bunker dibuat seaman dan sekuat mungkin oleh pembuatnya. Tak jarang, bunker juga sangat mewah laksana hotel berbintang.

Berikut adalah lima bunker paling kuat dengan di antaranya sangat megah.

1. Proyek Survival Condo

Image result for Survival Condo

Ternyata ada sebagian orang yang melihat peluang untuk mendapatkan keuntungan dari membangun bunker yang nyaman. Larry Hall adalah salah satunya.

Ia memiliki proyek bernama Survival Condo yang ditawarkan kepada para miliarder. Bangunan itu menggabungkap aspek keselamatan dan akonomadi mewah anti-bencana.

Konon, di bunker itu juga terdapat kolam renang dan bioskop. Hampir tidak bisa dibedakan dengan apartemen ataupun hotel.

Harga dari bunker sangat fantastis. Uang senilai US$ 1,5 juta (sekitar Rp 21,3 miliar) harus dikeluarkan untuk membeli bangunan anti bencana itu.

Meski mahal, bukan berarti tidak laku. Unit pertahanan diri ini telah terjual habis pada 2012.

2. Vivos xPoint

Image result for vivos xpoint

Bunker yang dibuat dari beton sangat kuat juga ada di Black Hills, Dakota Selatan, AS. Bangunan pertahanan diri itu terbangun luas di sebuah lapangan dan terdapat 575 unit.

Karena sangat banyak bunker, wilayah itu dijuluki sebagai “komunitas bertahan hidup”. Namun tidak sembarang orang dapat berlindung di dalamnya. Hanya orang kaya yang mampu membeli, karena dijual dengan uang muka US$ 25.000 dan sewa tahunan US$ 1.000.

Harga itu belum dilengkapi perabotan. Pengusaha menawarkan fasilitas seperti spa bak mandi panas dan lainnya dengan harga tambahan. Ada pula layanan keamanan 24/7 dalam bentuk adanya penjaga terlatih.

3. Europa One

Image result for Europa One bunker

Sebuah struktur raksasa di Rothenstein, Jerman ini adalah bunker Perang Dingin yang telah diubah menjadi kota bawah tanah. Bangunan itu bisa bermanfaat bagi pertahanan, dengan kemewahan yang tak tertandingi.

Konon, bahkan dapat disamakan dengan hotel bintang lima. Di dalam bangunan itu terdapat kolam renang bawah tanah, galeri seni, bioskop yang nyaman, serta katedral bergaya abad pertengahan.

Konon, orang kaya juga harus melalui seleksi ketat oleh perusahaan agar dapat membeli bangunan ini.

4. Bunker Burlington

Image result for Bunker Burlington

Bunker Burlington sekilas tampak seperti lokasi di video game. Struktur ini terletak 100 kaki di bawah kota kecil di Inggris yang klasik, Corsham.

Bunker ini dirancang untuk menampung hingga 4.000 orang, menggunakan generator besar yang memberi daya lebih dari 100.000 lampu, dan memiliki jaringan besar gua batu kapur alami di bawah Corsham.

Fasilitas bunker Burlington termasuk di antaranya ruang kontrol, dapur, ruang penyimpanan dan sistem tabung pneumatik untuk pesan. Bangunan ini juga memiliki rumah sakit dan danau bawah laut yang memasok air minum.

5. Oppidum

Image result for oppidum bunker

Tak ketinggalan ada Oppidum, kompleks super aman di Republik Ceko. Terlepas dari keamanan dan keselamatan, bunker ini juga menyediakan kenyamanan prima.

Seluruh struktur dikelilingi oleh gunung-gunung dan terletak di negara yang damai. Bunker dua tingkat besar ini dilaporkan sebagai “tempat penampungan kiamat” paling mewah di dunia. Selain itu, bunker ini juga disebut sebagai terbesar yakni seluas 323.000 kaki persegi.

Oppidum juga tidak malu menggunakan semua ruang itu untuk kemewahan semata; Terlepas dari tempat tinggal yang diharapkan mewah, kompleks ini memiliki fasilitas seperti spa dan bahkan taman yang bagus dengan “cahaya alami yang disimulasikan.”