17/10/2019 7:54 pm
8 Buah yang Sehat untuk Jantung

8 Buah yang Sehat untuk Jantung

8 Buah yang Sehat untuk Jantung

8 Buah yang Sehat untuk Jantung

7meter – Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian di seluruh dunia. Penyakit kardiovaskular ini berhubungan dengan pola makan atau diet yang sehat. Makan makanan dengan jumlah kalori yang tepat dan jumlah lemak adalah bagian penting dari merawat jantung.

American Heart Association menyarankan diet sehat salah satunya mengonsumsi buah-buahan. Buah memiliki segudang manfaat yaitu kaya vitamin dan nutrisi, terutama serat.

Mengonsumsi buah secara rutin membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah serta meningkatkan fungsi pembuluh darah–yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

Berdasarkan penelitian, idealnya porsi konsumsi buah yang harus dimakan setiap hari sekitar lima cangkir. Porsi itu diklaim efektif menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung sebesar 28 persen dan risiko kematian dini sebesar 31 persen.

Berikut 8 buah yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan jantung.

1. Apel

8 Buah yang Berkhasiat untuk Kesehatan Jantung

Apel dapat mengandung serat larut air (soluble fiber) yang dapat menurunkan tekanan darah, serta polifenol dan flavonoid yang dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Pilihlah buah apel yang masih segar, tidak bonyok atau terdapat memar.

2. Aprikot
Buah aprikot mengandung vitamin A, C, E, dan K serta memiliki banyak serat, kalium, dan karotenoid. Semua kandungan itu berkontribusi meningkatkan fungsi jantung. Vitamin C misalnya, melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara kalium menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah dan arteri.

Anda bisa mengonsumsi buah aprikot sebagai topping pada sereal. Pilih buah aprikot yang segar dan berwarna oranye tua.

3. Pisang

8 Buah yang Berkhasiat untuk Kesehatan Jantung

Menurut penelitian, makan pisang setiap hari dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Pisang kaya akan vitamin B6, C, serat, magnesium, dan potassium yang bisa menghentikan penyumbatan, pengerasan, dan penyempitan pembuluh darah. Cara terbaik mengonsumsi pisang secara makan langsung tanpa diolah.

4. Buah beri
Berbagai jenis beri seperti blueberry, blackberry, raspberry, strawberry mengandung vitamin C, folat, serat, mangan, dan kalium. Selain itu, semua jenis buah beri kaya antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan baik untuk menjaga kesehatan jantung. Beri yang bagus dikonsumsi adalah beri yang masih segar dan berwarna terang.

5. Blewah
Blewah dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Buah ini mengandung vitamin A, B6, dan C, serta folat, kalium, dan serat yang berkontribusi untuk mengontrol tekanan darah dan menurunkan LDL, dan kolesterol jahat. Bahkan blewah tergolong buah rujukan bagi orang yang sedang diet karena mampu menurunkan tekanan darah.

6. Jeruk

8 Buah yang Berkhasiat untuk Kesehatan Jantung

Selain kaya vitamin C, jeruk juga memiliki kandungan vitamin A, B6, folat, kalium, dan serat. Tingginya vitamin C pada jeruk mampu meningkatkan fungsi jantung, sistem imun, dan memperbaiki kondisi kulit. Pilihlah jeruk yang mengilap dan tidak memar. Selain mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa menyajikannya menjadi menu salad.

7. Kiwi
Buah kiwi mengandung vitamin C dan E. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat mengurangi oksidasi kolesterol. Selain itu, serat dan kalium dalam kiwi mendukung kesehatan jantung. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine, mereka yang mengonsumsi 4.069 miligram kalium per hari memiliki risiko 49 persen lebih rendah terkena penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit kalium. Kiwi yang lunak adalah yang baik untuk dikonsumsi.

8. Pepaya
Pepaya dapat dikonsumsi sebagai jus dengan tambahan sedikit jeruk nipis yang baik dikonsumsi saat sarapan. Pepaya mengandung banyak vitamin A, C, dan E serta folat, kalium, magnesium, kalsium, dan beta-karoten yang mampu mengurangi risiko pertumbuhan kanker dan serangan jantung.

Dalam rangka memperingati World Heart Day, Yayasan Jantung Indonesia bekerja sama dengan Transmedia menyelenggarakan Jakarta Heart Bike 2019. Acara fun bike 20 KM ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan jantung.