20/09/2020 1:38 am
Anak Konsumsi Frozen Food saat Sahur dan Berbuka Puasa, Aman Nggak Ya?

Anak Konsumsi Frozen Food saat Sahur dan Berbuka Puasa, Aman Nggak Ya?

Anak Konsumsi Frozen Food saat Sahur dan Berbuka Puasa, Aman Nggak Ya?

Anak Konsumsi Frozen Food saat Sahur dan Berbuka Puasa, Aman Nggak Ya?

Pondok4d 7Meter.Saat bulan Ramadhan, tak jarang membuat para ibu menyetok bahan pangan, tak terkecuali makanan beku atau frozen food. Ya Moms, frozen food kerap menjadi pilihan karena mudah dan cepat untuk dihidangkan.

Terlebih lagi, anak-anak pun cenderung menyukai frozen food, misalnya saja nugget dan sosis. Meski rasanya enak, tapi sebenarnya aman nggak ya jika anak konsumsi frozen food saat sahur maupun berbuka puasa?

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Raissa E Djuanda,MGizi,SpGK, sebaiknya anak tidak sering diberikan menu frozen food saat sahur maupun berbuka puasa. Sebab, ditakutkan akan menjadi kebiasaan yang sulit diubah.

“Sesekali aja boleh asal tidak sering, takutnya menjadi habit yang sulit diubah nantinya. Tapi sebaiknya tidak (diberikan). Karena makanan yang segar tentu lebih bernutrisi tinggi,” ujarnya saat dihubungi kumparanMOM, belum lama ini.

Perlu diketahui, bahwa kandungan gizi pada frozen food tidak sebaik makanan segar, Moms. Apalagi jika frozen food tersebut mengandung bahan pengawet. Frozen food pun dinilai memiliki kandungan gula, garam, minyak yang tinggi, sehingga tidak baik untuk tubuh. Karenanya saat dikonsumsi untuk menu berbuka atau sahur, otomatis tidak akan memenuhi kandungan nutrisi yang dibutuhkan anak.

dr. Raissa menyarankan, lebih baik si kecil diberikan makanan yang bergizi lengkap, sehingga mampu penuhi nutrisi saat berpuasa serta akan memberi rasa kenyang yang lebih lama.

“Bisa diberikan asupan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta serat yang cukup, sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama untuk si kecil,” jelas dr. Raissa.

Agar nutrisi si kecil seimbang, Anda perlu variasikan menu makan si kecil. Selain itu, perhatikan pula asupan air putihnya. Tentunya agar ia tidak dehidrasi dan meminta berbuka puasa sebelum waktunya.

“Perlu memperhatikan asupan air putih yang cukup selama berpuasa. Dan jadikan saat berbuka puasa menjadi hal yang menyenangkan untuknya. Anda juga bisa masak makanan untuk berbuka puasa secara bersama,” jelas dokter yang praktik di RS Metropolitan Medical Center, Jakarta ini.

Nah Moms, kebutuhan nutrisi anak saat puasa sangat penting untuk dipenuhi. Jangan sampai karena ego Anda untuk menyajikan menu makan yang mudah dan cepat, maka hanya menyajikan frozen food terus-terusan ya!