17/10/2019 8:11 pm
Anak Sekolah yang Pacaran Lebih Stres Ketimbang Jomlo

Anak Sekolah yang Pacaran Lebih Stres Ketimbang Jomlo

Anak Sekolah yang Pacaran Lebih Stres Ketimbang Jomlo

Anak Sekolah yang Pacaran Lebih Stres Ketimbang Jomlo

Klik di Situs ini – Kisah kasih di sekolah terdengar begitu manis. Namun kenyataannya tak selalu manis. Para remaja mungkin terlihat bahagia menjalin cinta monyet. Nyatanya, kisah kasih di sekolah justru membuat remaja rentan stres.

Anak sekolah yang menjalin kasih ditemukan lebih stres dibandingkan remaja yang menjomlo. Studi yang baru saja dipublikasikan di Journal of School Health menunjukkan, remaja yang tidak pacaran memiliki kesehatan mental, keterampilan sosial, dan kepemimpinan yang lebih baik.

“Kita tahu bahwa hubungan romantis sangat umum di kalangan dewasa, pada kenyataannya, mayoritas yang terlibat dalam beberapa jenis aktivitas romantis ialah yang berusia 15-17 tahun,” kata salah satu peneliti dari University of Georgia Brooke Douglas.

Peneliti melakukan analisis data kebiasaan pacaran, emosional, dan perilaku siswa kelas 6 hingga kelas 12. Peneliti juga mewawancarai guru yang terlibat.

Hasilnya, anak sekolah yang menjomlo dinilai memiliki keterampilan sosial dan kepemimpinan yang lebih baik dibandingkan yang pacaran. Kesehatan mental mereka juga lebih baik yang ditandai dengan tidak stres.

Hasil penelitian ini sebenarnya berkebalikan dengan anggapan yang mengharuskan remaja untuk pacaran agar dapat mengembangkan diri secara sosial. Pacaran selama ini dianggap dapat mengembangkan nilai individu.

Pelajar yang tidak pacaran tidak kekurangan kompetensi sosial, mereka punya teman, sama seperti remaja yang berkencan. Penelitian ini menegaskan bahwa berkencan atau tidak, keduanya dapat diterima selama dijalankan dengan sehat,” ucap Douglas.