18/10/2019 3:33 am
Asteroid Hujam Bumi 12.800 Tahun Silam, Dampaknya Mengerikan

Asteroid Hujam Bumi 12.800 Tahun Silam, Dampaknya Mengerikan

Asteroid Hujam Bumi 12.800 Tahun Silam, Dampaknya Mengerikan

Asteroid Hujam Bumi 12.800 Tahun Silam, Dampaknya Mengerikan

Daftar Di Sini – Tim ilmuwan di Afrika Selatan menemukan bukti yang mendukung hipotesis bahwa di 12.800 tahun silam, Bumi dihantam oleh asteroid berukuran cukup besar. Dampaknya pun mengerikan.

Dikutip InfoMimpi dari Science Daily, hujaman batu angkasa tersebut mengakibatkan perubahan iklim dan berkontribusi pada kepunahan beberapa spesies binatang besar, dalam episode yang disebut sebagai Younger Dryas.

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh profesor Francis Thackeray dari University of the Witwatersrand , Afrika Selatan, menjumpai bukti eksistensi platinum yang berlebihan dalam materi sedimen yang diambil dari sebuah situs di dekat Pretoria.

Mereka mengebor deposit gambut, terutama sampel yang berusia 12 ribuan tahun yang ternyata banyak mengandung platinum. Dipublikasikan dalam jurnal Palaeontologia Africana, disebutkan bahwa meteor atau asteroid kaya akan bahan platinum.

“Penemuan kami secara parsial mendukung Younger Dryas Impact Hypothesis (YDIH). Kita perlu secara serius memeriksa pandangan bahwa hantaman asteroid di Bumi mungkin menyebabkan perubahan iklim dalam skala global,” tulis Francis.

“Juga berkontribusi dalam skala tertentu dalam proses kepunahan hewan-hewan besar pada akhir zaman Pleistosen, setelah zaman es yang terakhir,” paparnya.

Kebetulan di saat ini, banyak mamalia di Amerika Utara, Amerika Selatan dan Eropa pada saat peristiwa Younger Dyras. Di Afrika Selatan, beberapa hewan besar juga punah tidak tepat di saat itu, tapi berdekatan waktunya. Megafauna yang lenyap di antaranya banteng afrika ataupun zebra besar.