21/09/2020 1:39 pm
Belum Genap Setahun Pensiun, Arjen Robben Kepengin Comeback

Belum Genap Setahun Pensiun, Arjen Robben Kepengin Comeback

Belum Genap Setahun Pensiun, Arjen Robben Kepengin Comeback

Belum Genap Setahun Pensiun, Arjen Robben Kepengin Comeback

 

Pondok4d 7Meter. –  Belum genap setahun gantung sepatu, Arjen Robben sudah kepengin merumput lagi. Hal itu diutarakannya di FC Bayern Podcast.

“Awalnya, saya sama sekali tidak merindukan sepak bola. Tapi, ada fase di mana muncul dorongan untuk bermain lagi dan saya jadi berpikir demikian,” kata Robben.

“Dari waktu ke waktu saya terus merasakan dorongan untuk kembali bermain, meski sekarang dunia sepak bola sedang dalam situasi virus corona. Ternyata, saya masih seorang atlet,” lanjut dia.

Robben pensiun pada Juli 2019 silam. Sebelumnya, mantan penggawa Timnas Belanda itu sempat dilirik Groningen dan PSV. Akan tetapi, ia memilih untuk pensiun begitu kontraknya di Bayern Muenchen habis.

Robben punya perjalanan karier yang cemerlang. Di usia mudanya, ia pernah membela Groningen, sebelum akhirnya memutuskan untuk membela PSV dalam kurun waktu 2002 hingga 2004. Bersama PSV, ia membukukan 12 gol dari 52 laga.

Setelahnya, Robben datang ke Stamford Bridge. Dia membela Chelsea dari 2004 sampai 2007. Dua gelar Premier League, satu gelar Piala FA, serta dua gelar Piala Liga Inggris berhasil Robben raih di sana.

Kemudian, ia melanjutkan perjalanannya ke Real Madrid. Sayangnya, Robben tak bisa menunjukkan penampilan terbaiknya di Santiago Bernabeu.

Ia baru menemukan kembali maginya setelah bergabung dengan Bayern pada 2009 lalu. Membela Bayern selama 10 musim, Robben berhasil membukukan 144 gol dari 309 penampilan.

Berbagai gelar prestisius juga ia raih di sini, seperti delapan trofi Bundesliga, lima trofi DFB Pokal, serta satu trofi Liga Champions.

Bersama Timnas Belanda Robben juga punya karier apik. Sejak memulai debut pada 2003 silam, Robben berhasil mencatatkan 96 penampilan bersama Belanda, berhias torehan 37 gol.

Ia sukses mengantarkan Belanda menjadi runner-up Piala Dunia 2010, serta meraih tempat ketiga di Piala Dunia 2014.

Setelah pensiun, Robben mengaku tetap mengikuti kiprah Bayern sebagai seorang fans. Namun, ia mengatakan agak kesulitan untuk terus mengikuti setiap pertandingan Die Rotten.

Sementara itu, Robben disebut-sebut bakal masuk ke dunia manajemen sepak bola. Bahkan, dia pernah melatih tim anaknya.

“Jujur saja, saya belum punya pikiran apa-apa untuk sekarang ini,” kata Robben saat ditanya soal rencana dia ke depannya.