Destinasi Asik Rayakan Hari Kemerdekaan

Destinasi Asik Rayakan Hari Kemerdekaan

Destinasi Asik Rayakan Hari Kemerdekaan

Destinasi Asik Rayakan Hari Kemerdekaan

Setiap negara merayakan dengan meriah setiap hari kemerdekaannya, termasuk Indonesia. Saban 17 Agustus, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Bahkan setiap kampung menggelar perayaan dengan lomba balap karung, makan kerupuk, hingga panjat pinang. Berikut beberapa kota yang merayakan hari kemerdekaannya dengan meriah.

Jember

Setiap Agustus, Jember Festival Carnaval (JFC) digelar di Kota Jember. Perhelatan 2019 digelar pada 31 Juli-4 Agustus. Tahun-tahun sebelumnya, perhelatan ini juga dilaksanakan pada bulan Agustus. Selain JFC, Jember juga memiliki pantai-pantai cantik seperti Papuma, Watu Ulo, Puger, Bandealit, Teluk Love, dan lain-lain.

JFC 2019 mengangkat tema Tribal Grandeur, dengan memamerkan kostum yang diadaptasi dari suku-suku dunia seperti Aztec (Meksiko), Mongol (Mongolia), Zulu (Afrika Selatan), Viking (Norwegia), Karen (Thailand),dan Polynesia. Sedangkan budaya Indonesia akan diwakili oleh suku Minahasa (Sulawesi Utara) dan Hudoq (Kalimantan Timur).

Yogyakarta

Agustus menjadi hari yang tepat mengunjungi Jogja. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menggelar pameran Hari Kemerdekaan pada 15-19 Agustus di Taman Pintar Yogyakarta. Selain itu terdapat karnaval budaya pada 18 Agustus di Jalan Malioboro.

Selain acara yang berkaitan dengan Hari Kemerdekaan, pada Agustus terdapat acara-acara yang dilaksanakan masyarakat atau keraton. Semisal Sriten Open Festival (2-4 Agustus) berupa kegiatan lomba tahunan paralayang di Gunung Kidul. Info agenda acara Joga sepanjang Agustus selengkapnya di visitingjogja.com.

Malang

Saban Agustus, kota Malang menjadi tuan rumah Musicversary Folk Fest. Pada pertunjukan 2019 yang digelar Musicversary Folk Fest dihelat pada 28 Agustus mendatang, di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM).

Perhelatan yang kelima ini bakal mendatangkan band Fourtwenty, Rubah di Selatan, dan Coldiac. Tak hanya penampilan musik, di venue juga terdapat bazaar makanan, spot khusus komunitas-komunitas, area bermain, dan masih banyak lagi. Pemilihan ketiga band itu berdasarkan survei terhadap masyarakat Malang melalui voting online.

Sejumlah anak Kesongo melakukan penghormatan pada sang saka merah putih saat peringatan hari kemerdekaan di Tuntang, Kabupaten Semarang, 17 Agustus 2017. Berbagai lomba di atas lumpur digelar untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan ke 72. Tempo/Budi Purwanto

Batam

Batam salah satu destinasi belanja di Indonesia, pada Agustus menjadi kota yang sibuk. Pada 3 Agustus digelar lomba gerak jalan 5 km, 8 km, dan 17 km, Sabtu (3/8). Selain itu digelar lomba perahu layar, lomba perahu layar, lomba sampan layar, funbike, jalan santai, pesta anak kampung, pesta rakyat jaranan kuda lumping, smilling morning, dan pesta anak pantai.