26/02/2020 12:28 am
Di Tengah Wabah Corona, Ada 5.000 Turis China yang Berlibur di Bali

Di Tengah Wabah Corona, Ada 5.000 Turis China yang Berlibur di Bali

Di Tengah Wabah Corona, Ada 5.000 Turis China yang Berlibur di Bali

Di Tengah Wabah Corona, Ada 5.000 Turis China yang Berlibur di Bali

Pondok4d Prediksi SGP. –  Pemerintah China telah mengisolasi kota-kota di Provinsi Hubei dan mengimbau warganya untuk tidak bepergian di tengah wabah virus corona. Namun nyatanya masih banyak warga China yang pelesir ke luar negeri. Diperkirakan masih ada 5.000 turis China yang saat ini berlibur di Bali.

Hal ini disampaikan oleh Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Denpasar, Gou Haodong, dalam konferensi pers, Selasa (4/2). Bahkan, ada ratusan dari China tersebut yang berasal dari Provinsi Hubei.

“Menurut data yang kami dapat dari imigrasi Ngurah Rai, semasa ini diperkirakan masih ada 5.000 turis Tiongkok yang masih di Bali. Kalau dari 5.000-an turis Tiongkok itu, mereka berasal dari berbagai provinsi tapi khususnya kalau dari Provinsi Hubei, kalau data yang kami dapat, sekitar 200,” kata Haodong.

Dia mengatakan, biasanya dalam kunjungan normal setiap hari ada sebanyak 6.000 turis China di Pulau Dewata. Sejak pemerintah China melarang warganya untuk bepergian demi mencegah penyebaran virus misterius kunjungan turis ini semakin menurun.

“Kunjungan turis Tiongkok akan terus semakin menurun,” kata dia.

Haodong meminta masyarakat internasional, terutama Bali, agar tidak panik. Dia mPyakini para turis ini tidak terdeteksi terjangkit virus Corona. “Kami juga tahu mereka baik-baik saja di sini. Tidak ada masalah,” kata dia.

Haodong mengaku secara aktif juga telah menyebarkan informasi dan imbauan bagi warga negaranya agar segera mengunjungi rumah sakit bila mengalami gejala demam hingga batuk.

“Memang sekarang warga Provinsi Hubei yang ada di sini 200 menurut data kami keadaannya sehat-sehat saja. Memang ada sebagian gejala demam dan sebagainya. Mereka sudah dibawa ke RS Sanglah dan hasilnya semua negatif. Jadi, untuk sementara ini aman saja.”

Total saat ini pasien meninggal menurut pemetaan Rumah Sakit John Hopkins, Amerika Serikat, adalah 427 orang. Sementara jumlah penderita lebih dari 20 ribu orang di China dan 24 negara. Belum ada satu pun kasus positif virus corona tercatat di Indonesia.