19/11/2019 1:10 pm
Digambarkan Seperti Babi, Ini Peta Amerika Serikat Tahun 1875

Digambarkan Seperti Babi, Ini Peta Amerika Serikat Tahun 1875

Digambarkan Seperti Babi, Ini Peta Amerika Serikat Tahun 1875

Digambarkan Seperti Babi, Ini Peta Amerika Serikat Tahun 1875

Pondok4d Prediksi SGPSeorang ilmuwan dan teknisi yang mempunyai ambisi “aneh” meninggalkan peta yang cukup absurd untuk dikenang. Tak banyak yang tahu bahwa pada tahun 1875 sebuah peta yang menggambarkan negara Amerika Serikat sebagai “babi” pernah tersebar ke kalangan elit dan bangsawan.

William Baker adalah seseorang di balik peta kuno Porcineograph yang hanya tersebar sebanyak 2.500 buah ke para veteran perang dan bangsawan Amerika Serikat di tahun 1870-an.

Pada tahun 1849, William Baker adalah seorang penjahit asal Boston yang hanya mencicipi sedikit pendidikan formal.

Namun berkat kerja kerasnya, bersama dengan William Grover, mereka menciptakan mesin jahit dengan teknologi terbaru di zamannya.

Baker dan Grover memperoleh paten untuk inovasi yang mengubah industri mesin jahit selamanya.

Porcineograph versi raksasa. (Library of Congress/ Publik Domain)

 

Pada saat itu, mesin jahit buatannya dapat membuat rantai jahitan yang saling terkait dan dianggap sebagai penemuan terhebat di zamannya.

Baker langsung menjadi kaya raya dan dari sini ia mempunyai ambisi dan ide “gila”.

Pada tahun 1868 saat belum mencapai setengah baya dan menjadi super kaya, Barker membeli tanah seluas 800 hektar di Needham, Massachusetts.

Di sana ia membangun hotel mewah 225 kamar, danau pribadi, salon, restoran, dua sarang beruang buatan lengkap dengan hewannya, gua kristal bawah tanah, dan eksperimen “inovatif”.

Salah satu yang menjadi peninggalan menarik dari Baker adalah fasilitas pemotongan daging mutakhir yang dijuluki “babi sanitasi.”

Mesin jahit buatan Willian Baker yang membuatnya kaya raya. (Eedham History Center and Museum)

 

Dilansir dari Atlas Obscura, tujuan sosial Baker sama luasnya dengan ratusan hektar tanah miliknya.

Dia termasuk orang yang dermawan karena peduli dengan pendidikan perempuan, berinvestasi dalam rekonsiliasi Perang Saudara dan memberikan perhatian penuh di bidang kesehatan masyarakat.

Secara khusus, ia peduli pada bidang pangan yang steril dan sehat.

Baker berhipotesis dengan ide cukup unik yaitu “jika petani memelihara babi dalam kondisi higienis, mereka dapat menghilangkan penyakit yang disebabkan oleh makanan”.

Pada tahun 1875, teori mengenai kuman penyakit hampir tidak diketahui secara umum sehingga dimaklumi apabila Baker berasumsi seperti itu.

Ilustrasi babi. (Pixabay)

 

Ratusan hektar tanah yang dimilikinya juga didesain untuk peternakan dan pemotongan babi yang sangat bersih.

Di tahun yang sama, ia memperingati 100 tahun Pertempuran Bunker Hill dan mengundang veteran perang dan bangsawan untuk makan malam super mewah.

Saat pulang, para tamunya mendapatkan suvenir peta Amerika dengan bentuk babi yang dinamai Porcineograph.

Peta Amerika berbentuk babi dilengkapi dengan menu lokal babi di setiap negara.

Colorado digambar dengan babi panggang, steak dan sandwich babi untuk California dan menu Gumbo untuk Louisiana.

Meski peta Amerika Serikat digambarkan seperti babi, itu bukan berarti negatif, namun Baker bercita-cita menyediakan daging babi yang sehat untuk seluruh negara bagian.

Namun peta Amerika Serikat seperti babi ini cukup kontroversial karena dianggap mendukung perebutan tanah dari kulit putih ke penduduk asli Amerika serta kolonialiasi Amerika ke Kuba yang digambarkan seperti sosis.