04/04/2020 6:48 am
Gara-gara Congkel Popcorn dari Sela Gigi, Pria Ini Alami Gangguan Fatal

Gara-gara Congkel Popcorn dari Sela Gigi, Pria Ini Alami Gangguan Fatal

Gara-gara Congkel Popcorn dari Sela Gigi, Pria Ini Alami Gangguan Fatal

Gara-gara Congkel Popcorn dari Sela Gigi, Pria Ini Alami Gangguan Fatal

7MeterSeorang pria berusia 41 tahun harus menjalani operasi jantung terbuka setelah ia mengalami infeksi karena menggunakan berbagai benda untuk mengeluarkan secuilpopcorn yang tersangkut di giginya.

MenurutFox News, pria bernama Adam Martin itu pergi ke bioskop dengan istrinya pada bulan September 2019 lalu danmembeli popcorn untuk camilan saat nonton.

Setelah itu,pria asalCornwall, Inggrisitu menyadari bahwasepotong popcorn tersangkut di salah satu gigi belakangnya dan nggak bisa dikeluarin selama tiga hari.

Dia mengatakan dia telah mencoba segala macam hal, seperti tusuk gigi, tutup pena, sepotong kawat dan bahkan paku logam, untuk untuk mengeluarkannya, tapinggak berhasil.

Akibat usahanya yang dilakukan berulang kali itu,Martinmalah membuat gusinya menjadi terluka.

Sekitar seminggu kemudian, Martin mulai merasa nggak enak badan.Dia mengalami keringat malam, sakit kepala dan kelelahan yangia kira semua itu adalah gejala flu.

Namun, sebulan kemudian pada bulan Oktober, Martin masih belumsembuh dari gejalanya itu dan memutuskan untuk pergi ke dokter.

Setelah itu ia didiagnosismengalami masalahjantung ringan.Martin kemudian dipulangkan, tapi ketika diamasih merasa belumsehat, dia pergi ke Rumah Sakit Royal Cornwall.

Setelah dipindailebih lanjut,terungkap bahwa jantung Martinmengalami kerusakan karena infeksi.

Ini berarti bahwa gejala yang dia rasakan sebelumnya sebenarnya adalah tanda-tanda endokarditis, infeksi pada lapisan permukaan interior bilik jantung.

Infeksi ini terjadi ketika bakteri dari mulut, kulit, usus dan daerah lain dari tubuh memasuki aliran darah.

Martin kemudian harus menjalani operasi jantung terbuka selama tujuh jam untuk memperbaiki katup mitralnya dan untuk mengganti katup aortiknya.

“Jantungku tak berfungsi dengan baik lagi.Pada dasarnya itu sudah rusak.Infeksi telah memakan katup,” ujarnya seperti dikutip dari Fox News.

“Jika saat itu aku langsungpergi ke dokter gigi, maka semua ini tak akan terjadi.Itu adalah pengalaman terburuk dalam hidupku. ”

“Aku mungkin hampir mati dan aku sangat beruntung.Popcorn yang tersangkut di gigiku adalah satu-satunya penyebab yang bisa kupikirkan.Aku takpernah makan popcorn lagi, itu sudah pasti,” tambahnya.

Dari kasus ini, kita perlu waspada sob, saat ada makanan yang nyangkut di gigi. Jangan asal-asalan coba membersihkannya, apalagi menggunakanbenda-benda yang berpotensi mengandung banyak bakteri.