18/10/2019 3:20 am
Hari Batik Nasional 2019, Yuk Wisata Ke-5 Kampung Batik di Indonesia Ini!

Hari Batik Nasional 2019, Yuk Wisata Ke-5 Kampung Batik di Indonesia Ini!

Hari Batik Nasional 2019, Yuk Wisata Ke-5 Kampung Batik di Indonesia Ini!

Hari Batik Nasional 2019, Yuk Wisata Ke-5 Kampung Batik di Indonesia Ini!

Klik di sini –  Batik merupakan salah satu warisan dan kekayaan Indonesia budaya yang sudah diakui UNESCO. Tak cuma di Indonesia, batik juga sudah mendunia dan dipakai bahkan oleh selebritas luar negeri.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sentra pembuatan batik sekaligus destinasi wisata berbau batik. Salah satunya adalah kampung batik.

Kampung batik merupakan sebuah kampung di mana para penduduknya berprofesi sebagai pembatik. Tidak hanya itu, mereka juga menjual batik dan siap memberikan edukasi seputar batik bagi wisatawan.

Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional, kali ini Suara.com telah merangkum beberapa kampung batik di Indonesia yang dapat dijadikan destinasi wisata.

Mana saja kampung batik tersebut?

1. Kampung Batik Kubil

Kampung Batik di Indonesia (instagram.com/ramonytungka)

Kampung batik Kubil berada di Kelurahan Cipocok Jaya, Serang, Banten. Di sini, terkenal batik Banten yang memiliki nuansa warna abu-abu.

Batik Banten sendiri sudah mendapat pengakuan dari UNESCO karena keindahannya. Total, ada 20 sekitar 20 motif batik yang dapat ditemukan di Kampung Batik Kubil ini.

2. Kampung Batik Ngasem

Kampung Batik di Indonesia (instagram.com/angela_jehnsen)

Kampung Batik Ngasem di Yogyakarta merupakan salah satu kampung batik yang terkenal. Kampung ini berada di daerah Ngasem, di dalam benteng Keraton Yogyakarta.

Ciri khas batik Yogya sendiri adalah batik dengan warna putih, cokelat, hitam dan motif daun, binatang, hingga manusia.

Selain berbelanja aneka batik Yogyakarta, wisatawan juga dapat melihat aneka macam arsitektur megah dan cantik yang menghiasi kampung ini.

Jangan lupa pula untuk menawar jika ingin mendapatkan harga batik yang lebih murah saat berwisata di Kampung Batik Ngasem ini.

3. Kampung Batik Girli Kliwonan

Selain batik Yogya, Solo juga merupakan salah satu kota yang terkenal akan batiknya. Pergi ke Solo, wisatawan dapat mengunjungi Kampung Batik Girli Kliwonan di Sragen.

Motif batik di sini didominasi warna hitam atau cokelat dengan motif bintang, bunga, dan motif geometris lainnya.

Di Kampung Batik Girli Kliwonan, wisatawan juga bisa belajar membatik dan menginap di rumah warga yang menyediakan homestay.

4. Kampung Batik Palbatu

Kampung Batik di Indonesia (instagram.com/mister.chickenbutt)

Jakarta juga memiliki kampung batik yang disebut Kampung Batik Palbatu. Bahkan, kampung batik ini sudah mendapat 2 penghargaan dari MURI.

Memasuki Kampung Batik Palbatu, wisatawan dapat melihat jalanan dan 100 rumah warga yang dicat dengan motif batik.

Selain itu, wisatawan juga dapat mengikuti kegiatan edukasi di Kampung Batik Palbatu dan belajar proses pembuatan batik serta sejarah batik Betawi.

5. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik di Indonesia (instagram.com/khairanimrd)

Terakhir, ada Kampung Batik Kauman di Pekalongan yang sudah menjadi desa wisata nasional sejak tahun 2007 silam.

Di kampung batik ini, travelers bisa melihat aktivitas membatik, rumah-rumah para juragan batik di msa lalu, serta menemukan aneka motif batik.

Pasalnya, batik Pekalongan banyak dipengaruhi oleh budaya Arab, China, Melayu, India, Jepang, hingga Belanda.

Berkunjung ke Kampung Batik Kauman, wisatawan juga bisa mampir ke Masjid Agung Al-Jami’ yang merupakan masjid bersejarah dan sudah berdiri sejak 1852.