Keberadaan Hewan Peliharaan di Kantor Bisa Menghilangkan Stres?

Keberadaan Hewan Peliharaan di Kantor Bisa Menghilangkan Stres?

Keberadaan Hewan Peliharaan di Kantor Bisa Menghilangkan Stres?

Keberadaan Hewan Peliharaan di Kantor Bisa Menghilangkan Stres?

Sejumlah penelitian menyebut bahwa seekor hewan peliharaan mampu membuat pemiliknya merasa jauh lebih bahagia. Alasannya, karena mereka berbagi kehidupan sebagai sahabat setia dalam kurun waktu lama bahkan hingga beberapa tahun.

Satu-satunya waktu berpisah adalah ketika pemilik meninggalkan rumah untuk bekerja. Kondisi itu sangat sulit bagi keduanya.

Saat pemiliknya meninggalkan hewan kesayangan untuk berangkat kerja, saat itulah masa berat bagi keduanya.

Banyak perusahaan telah menyadari betapa pentingnya hewan peliharaan bagi kebahagiaan karyawan mereka. Oleh sebab itu, selama beberapa tahun terakhir, mereka memperbolehkan hewan peliharaan di kantor.

Ide itu ternyata membawa hasil yang sangat baik.

Inilah penjelasan bagaimana membawa hewan peliharaan di kantor dapat bermanfaat bagi kesehatan dan produktivitas seseorang.

Pikiran Stress Berkurang

Ilustrasi anjing

Saat berbicara mengenai lingkungan yang penuh tekanan, beberapa orang akan menyebutnya kantor. Akan tetapi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa memiliki anjing di sekitarnya dapat mengurangi kadar kortisol atau hormon stres pada tubuh.

Baik hewan peliharaan atau hewan yang diadopsi oleh karyawan kantor, memiliki dampak yang sama. Menurut penelitian, karyawan yang seharian dekat dengan hewannya akan menunjukkan tingkat kortisol yang lebih rendah pada hari akhir kerjanya.

Bukan berarti para karyawan tidak memiliki hewan peliharaan. Beberapa hewan menunggu kedatangan pemiliknya di rumah. Inilah mengapa para peneliti menyimpulkan bahwa efek positif lebih kuat saat hewan itu dekat dengan karyawan.

Melihat hewan-hewan berlari-larian, bermain dengan hewan lain, atau membelai mereka adalah cara untuk merelaksikan ketegangan di kantor. Hormon kasih sayang akan tumbuh dan membuat seseorang merasa senang.

Meningkatkan Hubungan Kelompok

Ilustrasi bekerja

Pernahkah kamu melihat saat anjing peliharaanmu, lebih mudah untuk bercengkerama dengan orang-orang?

Aktivitas itu juga menjadi bukti bahwa anjing adalah penghubung sosial.

Sebuah investigasi menguji hal ini di sebuah kantor. Hasilnya, ternyata orang lebih mau bekerja sama satu dengan yang lain ketika ada seekor anjing di sekitarnya.

Orang-orang mendapatkan suasana hati yang baik jika ada seekor anjing. Bukti ini tidak hanya memperkuat ikatan dalam tim, tetapi juga mengembangkan hubungan yang kuat dengan pelanggan. Terutama jika seseorang memang mencintai anjing.

Jumlah Cuti Berkurang

kepribadian

Jika bos perusahaan ragu bahwa memiliki hewan peliharaan di kantor adalah ide yang bagus, justru manfaat ini memiliki keuntungan untuknya dan perusahaan.

Hewan dapat meningkatkan mood dan sangat memengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan. Mereka mendorong seseorang untuk lebih aktif yang juga dapat menurunkan depresi.

Stres akan hilang jika hadirnya hewan-hewan tersebut dan membuat kenyamanan jika berada di kantor tanpa harus mengambil cuti lantaran sakit.

Para Hewan Juga Terhibur

Pencinta Kucing

Beberapa anjing memiliki perilaku yang merepotkan ketika pemiliknya meninggalkan mereka sendirian di rumah, karena kecemasan akan perpisahan. Namun, jika membawa hewan peliharaan justru dapat memberikan kebahagiaan untuk mereka.

Peliharaan yang diadopsi oleh seluruh karyawan, akan diberikan rumah, makanan, dan cinta kepada binatang yang akan selalu berterima kasih.

Kebersihan dan standar hidup yang baik harus selalu dihormati sehingga semakin banyak perusahaan di seluruh dunia didorong untuk mengadopsi sistem ini.