25/02/2020 10:41 pm
Pele Depresi dan Malu Keluar Rumah karena Kesulitan Berjalan

Pele Depresi dan Malu Keluar Rumah karena Kesulitan Berjalan

Pele Depresi dan Malu Keluar Rumah karena Kesulitan Berjalan

Pele Depresi dan Malu Keluar Rumah karena Kesulitan Berjalan

Pondok4d 7Meter. –¬† Legenda sepak bola Brasil, Edson Arantes do Nascimento alias Pele, dikabarkan mengalami depresi dan malu keluar rumah karena tidak dapat berjalan tanpa alat bantu.

Sudah beberapa tahun terakhir ini Pele mengalami masalah pada pinggulnya. Operasi sudah dilakukan tetapi pria 79 tahun itu masih kesulitan berjalan. Hal itu membuatnya merasa frustrasi, kata sang putra, Edinho.

“Kondisinya saat ini cukup rapuh. Dia menjalani operasi pinggul beberapa waktu lalu tetapi tidak menjalani rehabilitasi dengan benar,” kata Edinho kepada¬†Globoesporte,

“Itu membuatnya kesulitan dalam bergerak dan dia merasa depresi karenanya. Bayangkan, dia adalah sang raja, dia selalu terlihat gagah, dan sekarang dia tidak bisa berjalan tanpa bantuan. Dia merasa sangat malu.”

“Sebenarnya, kondisinya sudah membaik karena sebelumya malah dia harus menggunakan kursi roda. Akan tetapi, dia benar-benar masih kesulitan untuk berjalan.”

“Dia malu dan tidak mau keluar rumah, atau tampil di muka publik. Dia jadi seorang penyendiri sekarang ini,” tambah Edinho.

Pele sendiri tidak asing dengan masalah kesehatan. Pada 1977, misalnya, ginjal sebelah kanannya harus dibuang. Belum lama ini, dia juga harus menjalani operasi untuk menghilangkan batu ginjal.

Jelang Piala Dunia 2018 lalu, Pele sempat dikabarkan pingsan karena kelelahan dan harus menghadiri undian turnamen dengan kursi roda.

Sebagai seorang pemain, Pele nyaris tak tertandngi. Dia adalah aktor kunci di balik dominasi Timnas Brasil pada 1958-1970. Dari empat Piala Dunia pada periode itu, Pele memenangi tiga di antaranya.

Pele juga dikenal karena catatan golnya yang fantastis. Menurut IFFHS, Pele berhasil mencetak 1.281 gol dari 1.363 pertandingan selama berkarier. Meski demikian, tak semua gol tersebut dicatatkannya dalam pertandingan resmi.

Tak cuma itu, Pele saat ini juga masih berstatus sebagai topskorer sepanjang masa Timnas Brasil dengan catatan 77 gol. Bersama Diego Armando Maradona, dia disebut sebagai pesepak bola terbaik sepanjang masa.