24/10/2019 7:16 am
Pertama Kalinya, Ruang Kontrol Chernobyl Akan Dibuka untuk Umum

Pertama Kalinya, Ruang Kontrol Chernobyl Akan Dibuka untuk Umum

Pertama Kalinya, Ruang Kontrol Chernobyl Akan Dibuka untuk Umum

Pertama Kalinya, Ruang Kontrol Chernobyl Akan Dibuka untuk Umum

7Meter – Meskipun telah lama ditinggalkan akibat ledakan nuklir pada 26 April 1986 silam, Chernobyl masih memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bahkan, nama Chernobyl kian populer setelah diangkat ke dalam sebuah seri yang ditayangkan HBO lewat judul yang sama.

Wisatawan dari berbagai penjuru dunia setiap tahunnya datang untuk menyaksikan secara langsung tragedi kemanusiaan yang terjadi berpuluh-puluh tahun lalu, di mana ratusan ribu nyawa menghilang akibat bocornya reaktor nuklir tersebut.

Kini setelah 33 tahun berselang, wisatawan diizinkan untuk menyaksikan kengerian yang terjadi di salah satu ruang kontrol nuklir Chernobyl. Dilansir news.com.au, ruangan kontrol utama di unit empat yang jadi lokasi bencana nuklir tersebut telah dibuka untuk umum.

Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan kengeriannya, mereka akan dibekali masker wajah, baju anti-radiasi, serta sepatu boot industri. Tentunya ada prosedur keamanan yang harus ditaati demi keselamatan.

Nantinya, meski sudah mengenakan semua peralatan keamanan, tiap wisatawan hanya diberikan batas waktu kunjungan sekitar lima menit saja, karena efek radiasi yang mematikan masih menghantui.

Menurut pengakuan para staff Chernobyl, ruang kontrol itu sangat menyeramkan. Kunjungan lima menit bahkan dianggap sudah cukup untuk melukiskan kengerian bencana itu.

“Seri HBO meningkatkan minat untuk Chernobyl. Semua orang sekarang ingin melihat lebih banyak dan kami akan memenuhi permintaan,” ujar kepala State Agency of Ukraine untuk Division of Exclusion Zone, Vitaly Petruk.

Untuk memenuhi tingginya permintaan wisatawan, Vitaly juga mengungkapkan tengah mengembangkan 21 rute wisata baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Chernobyl. Salah satunya adalah rute baru yang mengarah ke ruang kontrol yang menjadi awal mulai bencana tersebut.

Tertarik untuk menyaksikan kengerian di Chernobyl?