03/12/2020 10:35 am
Rawan Penipuan, Ada yang Jual Batu di Olshop dan Banyak yang Beli

Rawan Penipuan, Ada yang Jual Batu di Olshop dan Banyak yang Beli

Rawan Penipuan, Ada yang Jual Batu di Olshop dan Banyak yang Beli

Rawan Penipuan, Ada yang Jual Batu di Olshop dan Banyak yang Beli

Pondok4d 7Meter. – Alih-alih mengirim barang yang dipesan, penipu di online shop (olshop) biasanya menggunakan batu sebagai pengganti. Namun, kali ini seorang pedagang di olshop justru benar-benar jualan batu. Uniknya, ratusan orang kini sudah membeli dagangannya.

Fenomena unik tersebut diunggah akun Fadli Kelana di media sosial Facebook. Lewat jepretan layar yang dibagikannya, terlihat seorang pedagang di olshop menjual batu dengan embel-embel untuk pembersih kulit mati dan daki.

Batu kali tersebut dihargai penjual dengan kisaran Rp2.500-Rp4.000 per unit. Menariknya, batu-batu itu laris terjual, sudah menyelesaikan transaksi hingga 188 kali. Bila dihitung, kini penjual sudah mendapat total Rp470 ribu dari berjualan batu.

“Kok saya dari dulu gak pernah kepikiran buat jual batu ya. Secara rumah, saya dekat banget sama sungai, kalau ada yang order tinggal ke sungai aja langsung packing dan telepon J&T. Bayangin aja kalo tiap hari bisa jual 1 karung,” ungkap Fadli si pengunggah.

Penjual tersebut bahkan memperlakukan batu-batu itu sebagai dagangan yang serius. Ia mengirimnya dengan kotak dan dibungkus oleh koran terlebih dahulu. Barulah batu-batu itu kemudian dikirimkan dengan kurir.

Dari ulasan yang didapat penjual batu tersebut, rata-rata pembeli memberikan penilaian yang bagus, salah satunya menyebut: “Barangnya sudah sampai. Proses pengiriman cepat dan bagus. Semoga bekerja dengan baik batunya.”

Namun, beberapa juga memberi penilaian buruk lantaran bentuk batu yang dipesan sulit digunakan. Bahkan, ada pula pembeli yang bingung dengan dirinya sendiri, membeli batu melalui online shop.

“Kok gua ngerasa kayak orang kayak, buat beli batu kali aja gua belanja di Shopee wkwkwk,” kata salah satu ulasan.

“Bentuk batunya kurang suka. Seharusnya bulat gepeng, jadi gampang buat gosk dakinya. Kurang memuaskan,” kata pembeli lain yang mendapat batu berbentuk segitiga.

Hingga kini, unggahan tersebut telah viral dengan dibagikan ulang ke lebih dari 7 ribu orang. Beragam respon diberikan warganet yang melihat unggahan tersebut, kebanyakan yang merasa terhibur dengan dagangan aneh tersebut.

“Beli dah beli. Biasanya beli Iphone dapat batu, kali aja ini beli batu dapat Iphone wkwkwkwkkwkwkw,” kata akun Agis Ta.

“Jual body lotion enggak laku, sudahlah mending jual batu,” kata akun Anissa.

“‘Kang kurir: ajg ini paket kecil berat banget, isinya batu atau apa’. Ternyata batu beneran,” kelakar akun Mujay Anjay Mabar.