Siapa Sangka 5 Kucing Ini Ternyata Sangat Berpengaruh di Dunia

Siapa Sangka 5 Kucing Ini Ternyata Sangat Berpengaruh di Dunia

Siapa Sangka 5 Kucing Ini Ternyata Sangat Berpengaruh di Dunia

Siapa Sangka 5 Kucing Ini Ternyata Sangat Berpengaruh di Dunia

Bagi banyak orang, kucing sangatlah menggemaskan. Polah tingkahnya yang lucu kerap dijadikan sebagai obat penghilang stres. Bahkan, dalam beberapa hal, hewan mengeong ini bisa membangkitkan moodn untuk berkarya.

Tapi, bagaimana jika kucing memiliki pengaruh yang besar bagi sejarah manusia? Tidak hanya tampil dalam beberapa kisah budaya kuno, keberadaan hewan ini juga memberikan cukup banya pengaruh dalam peradan modern saat ini.

Ada kucing yang tampil layaknya ‘peramal’, hingga ada pula yang terkenal karena diwarisi harta melimpah. Setiap orang yang membaca kisah-kisah unik tersebut tidak hanya kagum, namun juga takjub dengan fakta-fakta unik yang menyertainya.

Bertepatan dengan Hari Kucing Sedunia, berikut adalah lima kucing paling berpengaruh di dunia, yang kehadirannya bahkan mampu turut mewarnai sejarah manusia modern.

1. Grumpy Cat Si Wajah Menggerutu

Si Kucing Pemarah alias The Grumpy Cat (AP via The Washington Post)

Kucing yang bernama asli Tardar Sauce ini pernah menjadi primadona di dunia maya, sebelum mati pada 14 Mei 2019 karena komplikasi kandung kemih.

Bermula dari keisengan pemiliknya mengunggah foto sang kucing di Reddit pada 2012, tampangnya yang seperti menggerutu seketika menjadi favorit warganet.

Wajah unik Grumpy Cat laris manis menjadi subyek meme, lelucon, bintang iklan, dan bahkan diabadikan dalam sebuah film pada 2014 lalu.

Namun, tahukah Anda bahwa wajah menggerutu Grumpy Cat bukan dibuat-buat, melainkan banyak dipengaruhi oleh postur tubuhnya yang kerdil.

2. All Ball, Peliharaan Kesayangan Gorila Cerdas

[Bintang] Meninggal di Usia 46 Tahun, Ini Kisah Kejeniusan Gorila Koko

Kucing dipelihara oleh hewan primata bukanlah hal baru. Namun, All Ball menjadi pengecualian karena ia adalah binatanga kesayangan Koko, gorila pertama dalam sejarah yang dikenal pandai berhitung dan berkomunikasi.

All Ball adalah hadiah Natal yang sangat berkesan bagi Koko. Keduanya hampir tidak bisa dipisahkan. Koko begitu menyayangi All Ball apapun kondisinya, dan sebaliknya sang kucing selalu merasa nyaman saat dirawat oleh gorila cerdas itu.

Namun nahas, All Ball sempat menjelajah jauh hingga ke sebuah jalah raya dan tertabrak lalu lalang kendaraan. Koko dikabarkan merasa sangat terpukul selama beberapa waktu, sebelum kemudian kembali bahagia setelah dihadiahi dua ekor kucing lain yang tidak kalah menggemaskan.

3. Tomasso Si Kucing Terkaya di Dunia

Ilustrasi kucing (iStock)

Kucing mana yang benar-benar memiliki kekayaan melimpah? Apakah Choupette milik mendiang desainer Karl Lagerfeld, atau duet Olivia Benson dan Meredith Grey milik penyanyi Taylor Swift?

Jawabannya bukan mereka, melainkan Tomasso, seekor kucing jantan yang pernah dipelihara oleh mendiang Maria Assunta, seorang pengusaha dan filantropis kenamanan asal Italia.

Saat Assunta meninggal pada usia 94, dia tidak memiliki anak ataupun saudara dekat.

Namun, dia telah menulis surat wasiat sebelumnya, yang ternyata menyebut Tomasso sebagai pewaris harta senilai US$ 10 juta, atau sekitar Rp 142 miliar.

Tidak hanya itu, sang kucing juga diwarisi salah satu rumah mewahnya di Milan, lengkap dengan deretan asisten rumah tangga profesional dan serangkaian asuransi yang memastikan kelangsung hidup Tomasso hingga akhir hayat.

4. Oscar yang Bisa Meramal

Oscar, Kucing yang Mampu Prediksi Kematian

Kucing ini pernah berkali-kali menjadi pemberitaan publik di Amerika Serikat karena kemampuannya meramal kematian.

Oscar diadopsi pada 2005 oleh beberaa staf di Pusat Perawatan dan Rehabilitasi Steere di negara bagian Rhode Island. Tadinya, kehadiran sang kucing dimaksudkan untuk menjadikan panti tersebut terasa lebih nyaman.

Kenyataannya, Oscar adalah kucing pemalu dan senang menyendiri, kecuali terhadap pasien yang tengah berada di ambang kematian.

Oscar sepertinya selalu menemukan pasien yang hampir meninggal, sehingga dia bisa menghibur mereka.

Seringnya, pasien meninggal beberapa jam setelah dikunjungi oleh Oscar. Alhasil, sang kucing mendapat dua julukan atas keunikannya tersebut, yakni sebagai malaikat welas asih dan “si peramal maut”.

5. Unsinkable Sam

20160330-Ilustrasi-Kucing-iStockphoto

Jika diterjemahkan, nama kucing ini berarti “Sam yang Mustahil Tenggelam”. Ini jelas bukan asal memberi nama, namun berasal dari deretan fakta uniknya yang dimiliknya.

Sam diketahui selamat dalam tiga tragedi kapal karam. Pertama adalah saat Perang Bismarck, di mana armada laut Jerman ditenggelamkan oleh Inggris pada 1941.

Sang kucing selamat setelah ditemukan mengambang di atas papan oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris, dan kemudian diberi nama Oscar.

Malang tidak dapat ditebak, selama di pelihara oleh AL Inggris jelang Perang Dunia II, si kucing mengalami dua kali kapal karam, dan ajaibnya dia selalu selamat.

Banyak marinir Inggris meyakini bahwa kucing yang kemudian diberi nama Sam –untuk terakhir kalinya– benar-benar memiliki sembilan nyawa seperti yang diceritakan dalam banyak cerita rakyat.

Sam kemudian diadopsi oleh salah seorang veteran marinir Inggris, dan dibawa pulang ke kota kelahirannya di Plymouth. Tidak diketahui hingga usia berapa kucing tersebut hidup.