Tanda Awal Kehamilan yang Jarang Disadari

Tanda Awal Kehamilan yang Jarang Disadari

Tanda Awal Kehamilan yang Jarang Disadari

Tanda Awal Kehamilan yang Jarang Disadari

Terlambat datang bulan, salah satu tanda utama kehamilan. Namun ada beberapa gejala lain yang dapat wanita rasakan bahkan sebelum keterlambatan haid dideteksi. Berikut tanda-tandanya:

Suhu tubuh lebih hangat

Suhu normal tubuh wanita sebelum ovulasi biasanya 35,5 sampai 36,6 derajat Celcius. Saat hamil, suhu tubuh wanita meningkat sampai 37,2 derajat Celcius. Menurut ahli kandungan serta penulis buku The Complete Illustrated Guide to Pregnancy, Robin Elise Weiss, PhD, kenaikan suhu normal terjadi pada wanita hamil. “Suhu tubuh wanita meningkat saat terjadi ovulasi. Jika dalam beberapa hari suhu tidak kembali normal, bisa jadi itu tanda kehamilan. Meningkatnya kadar hormon progesteron meningkatkan suhu tubuh sehingga wanita hamil cenderung gerah,” Robin menjelaskan.

(Depositphotos)

Bercak darah

Anda melihat bercak darah keluar padahal belum waktunya menstruasi? Bisa jadi Andahamil. Dokter kandungan dari Rumah Sakit Northside, Atlanta, AS, dr. Jacqueline Walters menerangkan meski wanita hamil tidak mengalami menstruasi, tetapi pada awal kehamilan, mereka biasanya mengeluarkan bercak darah. “Satu dari empat wanita hamil mengeluarkan bercak darah pada trisemester pertama. Biasanya muncul selama seminggu setelah sel telur dibuahi,” Jacqueline mengulas.

Payudara terasa sakit

Gejala lainnya, payudara semakin sensitif. Biasanya payudara wanita hamil akan bertambah besar, kadang terasa sakit, serta warna puting menggelap. “Saat hamil, hormon progesteron mengirim sinyal ke payudara untuk bersiap menyusui dalam 40 minggu ke depan, sehingga payudara makin sensitif dan membesar,” terang Jacqueline.

Kram

Masih menurut Jacqueline, pada trisemester pertama kehamilan, sangat mungkin seorang wanita mengalami kram pada bagian tubuh tertentu seperti kaki. “Sebagian besar kalsium yang Anda asup sehari-hari digunakan untuk membentuk tulang, gigi, dan organ tubuh bayi. Hal ini membuat tulang dan otot Anda melemah sehingga potensi terkena kram membesar,” bebernya. Setelah menyadari tanda-tanda ini, lakukan tes kehamilan kemudian konsultasi ke dokter kandungan untuk memastikan Anda benar-benar hamil.