Tips Bercinta Dengan Orang yang Punya Perasaan Sensitif

Tips Bercinta Dengan Orang yang Punya Perasaan Sensitif

Tips Bercinta Dengan Orang yang Punya Perasaan Sensitif

Tips Bercinta Dengan Orang yang Punya Perasaan Sensitif

Orang yang perasaannya sensitif sering digambarkan sebagai orang yang sangat peka terhadap berbagai hal di sekitarnya. Mereka cepat mengenali dan merasakan perubahan yang paling halus sekalipun di lingkungannya, serta lebih mudah kewalahan ketika berada di lingkungan yang sangat ramai. Alhasil, karakteristik ini mungkin tak urung ikut membuat pasangannya kebingungan menjaga sikap, ucapan, serta tindakannya di sekitar orang tersebut. Termasuk pula saat di ranjang.
Salah-salah kata atau gerakan dikhawatirkan bikin mood pasangan jadi turun dan enggan berhubungan intim. Lalu, adakah hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berhubungan intim dengan orang yang perasaannya sensitif?

Berhubungan intim dengan orang yang sensitif

Pada tahun 1996, dr.  Elaine Aron, psikolog dari Amerika Serikat sekaligus penulis buku The Highly Sensitive Personpernah meneliti bagaimana orang-orang sensitif memandang hubungan intim dan seksualitas.
Dr. Aron ingin mengetahui seberapa berbedanya arti seks dan masalah apa yang orang sensitif hadapi saat berhubungan intim jika dibandingkan dengan orang lain pada umumnya. Secara keseluruhan hasil penelitiannya tidak berbeda jauh.
Orang yang sensitif juga punya minat dan keinginan seks yang sama seperti orang biasa. Akan tetapi, kebutuhan berhubungan intim dan respons orang sensitif terhadap rangsangan sedikit berbeda.
Orang yang perasaannya sensitif butuh lebih banyak kenyamanann dan ketenangan saat berhubungan seks agar bisa lebih menikmati aktivitas di ranjang. Pasalnya, orang yang sensitif umumnya cenderung mudah stres, mudah terganggu, dan mudah merasa tidak nyaman ketika ada gangguan kecil di sekitar mereka.
Jadi, ada tips dan cara tersendiri untuk bisa menikmati hubungan seksual dengan orang sensitif tanpa takut membuat kesalahan dan berakhir bikin jadi emosional.

Tips berhubungan intim dengan orang sensitif

1. Tanya dan kompromikan batasan saat berhubungan seks

Untuk menghindari salah aksi dan ucap saat berhubungan seks, Anda dan pasangan yang punya perasaan sensitif mesti berbicara tentang batasan serta aturan saat di ranjang.
Misal, pasangan Anda tidak suka ngobroltentang seks yang terlalu vulgar atau yang terlalu kasar. Anda bisa mencari alternatif lain dengan mendiskusikan hal ini bersama dengan pasangan. Jelaskan apa yang bisa pasangan Anda terima dan apa yang tidak.
Anda juga bisa menjelaskan bahwa pasangan boleh protes apabila ada perkataan atau rangsangan yang berisiko menyakitinya.

2.  Berhubungan intim dengan penuh cinta

Menurut dr. Elaine Aron, orang sensitif ingin berhubungan intim yang penuh cinta dan kasih sayang. Ini karena bercinta bagi mereka tidak hanya sekadar memuaskan hawa nafsu dan mencapai klimaks.
Berhubungan intim bagi orang sensitif adalah sebuah hal pribadi yang penuh kesakralan. Orang yang sensitif hampir selalu “menuangkan” seluruh energi dan emosinya saat berhubungan seks. Orang yang sensitif kebanyakan enggan untuk bercinta secara cuma-cuma tanpa rasa sayang.
Jadi, bagi Anda yang pasangannya punya perasaan sensitif, perlakukan ia penuh cinta dan kasih sayang.

3. Tidak dianjurkan untuk berhubungan seks terlalu kasar

Dr. Elaine Aron lanjut menjelaskan bahwa kebanyakan orang sensitif akan sulit untuk kembali ke aktivitas semula sehabis berhubungan seks.
Mungkin mereka cenderung membayangkan kembali bagian mana yang mereka tidak suka dan mengganggu saat berhubungan intim. Ada kemungkinan ini adalah respon untuk mendalami hubungan intim yang baru saja dilakukan.
Pasalnya, beberapa orang yang sensitif melaporkan mereka enggan untuk mengeluh, menolak, atau bahkan protes karena takut mengganggu kenikmatan Anda saat bercinta.
Selain itu, orang dengan perasaan sensitif cenderung lebih tidak tahan sakit daripada orang biasa. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk tidak melakukan rangsangan berlebihan, karena ini bisa menyakiti tubuh mereka.
Hindari berhubungan intim dengan ala-ala sambil memukul, menjambak, atau dengan gaya BDSM.
Apabila ingin melakukan gerakan atau rangsangan berlebih, coba izin dahulu dan anjurkan untuk interupsi ketika mereka merasa tidak nyaman di sela-sela bercinta.

4. Kondisikan tempat bercinta jauh dari gangguan apapun

Dr. Aron juga menjelaskan bahwa orang sensitif bisa terganggu dengan suara, bau, atau hal lain di sekitarnya. Agar sesi bercinta lancar, maka pastikan dulu bahwa tempat peraduan kasih malam ini bebas dari gangguan.
Antisipasi gangguan seperti bau dengan cara membersihkan ranjang dan kamar terlebih dahulu. Lalu, atur pencahayaan kamar seredup mungkin dan lakukan seks ketika semua orang sudah tidur. Ini semua untuk menghindari pasangan yang punya perasaan sensitif tidak nyaman sehingga bercinta jadi tidak maksimal.